Thursday, July 5, 2018

Koefisien - koefisien yang mempengaruhi bentuk badan kapal

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang koefisien apa saja yang mempengaruhi bentuk badan kapal, marilah kita mengetahui apa itu displasmen dan volume displasmen.

Displasmen adalah berat volume air yang dipindahkan oleh badan kapal yang tercelup didalam air. Sedangkan volume displasmen adalah volume air yang dipindahkan akibat bentuk badan kapal yang tercelup didalam air.

Ketika kita memiliki sebuah kotak dengan dimensi 1 x 1 x 1 m dan kita celupkan kedalam kolam yang penuh dengan air dengan asumsi setengah dari kotak tersebut tercelup kedalam air maka,

Volume displasmen (V) = 1 x 1 x 0,5 = 0,5 m3
Jika massa jenis ρ air adalah 1000 kg/m3 maka massa air yang dipindahkan adalah
M = ρ x V
     = 1000 x 0,5
     = 500 kg
Sehingga displasmen (Δ)
= ρ x V x g
= 1000 x 0,5 x 9,81
= 4905 Newton

1.Block Coefficien (Cb)
Merupakan perbandingan antara volume bentuk badan kapal yang tercelup (V) dibawah garis air dengan volume balok dengan dimensi P x L x T, dimana P merupakan panjang kapal dalam hal ini LPP, L merupakan lebar terlebar (biasanya bagian tengah kapal/midship) badan kapal yang tercelup termasuk tebal kulit lambung kapal, dan T merupakan sarat/draft atau tinggi garis air.

Contoh soal :
Jika diketahui sebuah model berbentuk silinder dengan diameter D 4 m dan panjangnya P 10 m diletakkan secara horisontal kedalam sebuah kolam dengan asumsi setengah dari model tersebut tercelup kedalam air, hitunglah :
koefisien-blok-silinder

koefisen-blok-silider


a.Koefisen blok model tersebut
b.Volume displasmen
c.Displasemen model

Jawab :
a.Volume 1/2 silinder = 0,5 x π x r2 x p
= 0,5 x 3.14 x 2 x 2 x 10
= 62,8 m3
Volume balok = p x l x t
= 10 x 4 x 2
= 80 m3
Sehingga,
Cb = 62,8/80
= 0,785

b. Volume displasemen
V = P x L x T x Cb
= 10 x 4 x 2 x 0,785
= 62,8 m3

C. Displasemen
Displasemen = ρ x V x g
= 1000 x 62,8 x 9,81
= 616068 Newton

2.Waterplane Coefficien (Cwp)
Cwp adalah perbandingan antara luas bidang garis air (Aw) dengan luas persegi dengan dimensi P x L dimana P merupakan panjang kapal dalam hal ini LWL, L merupakan lebar terlebar (biasanya bagian tengah kapal/midship) badan kapal yang tercelup termasuk tebal kulit lambung kapal.

3. Longitudinal Prismatic Coefficient (Cp)
Adalah perbadingan antara volume badan kapal yang tercelup (V) dibawah garis air dengan volume sebuah prisma yang memiliki luas penampang melintang Am dan panjang L.

4. Vertical Prismatic Coefficient (Cvp)
Merupakan perbadingan antara volume badan kapal yang tercelup (V) dibawah garis air dengan volume luas bidang garis air (Aw) setinggi garis air T.

No comments:

Post a Comment

New

Download Software : Simpson Rules Calculator v1.0

Hari ini shareilmusains.blogspot akan memperkanalkan dan akan membagikan secara gratis software atau tools untuk memudahkan dalam menghitung...