Thursday, July 5, 2018

Satuan - satuan dalam bidang perkapalan

Selain principle dimension, dalam bidang perkapalan juga satuan - satuan lainnya seperti DWT,LWT,Payload, dan GT.

1.DWT (Deadweight tonnage)
DWT adalah kemampuan atau daya angkut suatu kapal, dimana unsur - unsur DWT meliputi payload/muatan, bahan bakar, pelumas, air tawar untuk kebutuhan awak kapal ataupun untuk pendiginan mesin induk, awak kapal beserta bawaannya dan  bahan makanan.

dwt-lwt-payload-displasemen


2.LWT (Lightweight tonnage)
Merupakan bobot kapal yang terdiri dari bobot permesinan (mesin induk, mesin bantu dan penunjangnya seperti pompa dan sistem perpipaan), bobot struktur badan kapal itu sendiri, dan berat perlatan lainnya seperti windlass,capstan,sekoci penyelamat,tali tambat,jangkar, dan crane jika ada.

3.Payload
Payload tidak lain adalah cargo atau muatan. Setiap tipe kapal pastilah berbeda jenis muatan yang diangkut, misalnya kapal tanker digunakan untuk mengangkut muatan cair (minyak dan bahan kimia cair), bulk carrier biasanya digunakan untuk mengangkut muatan curah (jagung,gandum, batu bara dll).

4.GT (Gross tonnage)
Adalah volume ruang tertutup yang terdiri dari cargo hold atau ruang muat, ruang akomodasi untuk para awak kapal, dan termasuk juga ruang kamar mesin.

No comments:

Post a Comment

New

Download Software : Simpson Rules Calculator v1.0

Hari ini shareilmusains.blogspot akan memperkanalkan dan akan membagikan secara gratis software atau tools untuk memudahkan dalam menghitung...