Thursday, July 5, 2018

Mengenal Lazarus


Bukan hal baru lagi, didunia serba modern dan serba praktis semua bisa dilakukan di smartphone mulai dari browsing, jual beli online, bahkan bermain game pun bisa dilakukan smartphone. Seiring berkembang pesatnya pengguna smartphone sekarang programer - programer yang sebelumnya mengembangkan applikasi desktop/PC beralih ke android ditambah lagi banyak IDE - IDE yang dibagikan secara gratis untuk pengembangan aplikasi android seperti Android Studio yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Google. Namun tidak sedikit juga yang masih setia menjadi pengembang aplikasi desktop/PC terutama yang beroprasi pada OS Windows. Banyak sekali bahasa pemrograman untuk pengembangan applikasi Windows salah satunya Delphi. Postingan kali ini kita tidak akan membahas tentang Delphi, melainkan Lazarus.

Lazarus tidak lain adalah IDE Delphi untuk Free Pascal, Free ? ya lazarus adalah pilihan alternatif lain bagi para programer - programer delphi yang terkendala  biaya untuk membeli lisensi resmi yang ingin mengembangkan aplikasi ataupun untuk pemula karena benar - benar gratis dan bisa dikatakan 99% mirip delphi. Sedikit berbicara sejarah, dari sumber di www.lazarus-ide.org Lazarus pertamakali dimulai pada tahun 1999 oleh 3 orang yakni Cliff Baeseman, Shane Miller, Michael A. Hess.


Tidak cukup hanya sekedar gratis, satu hal yang membuat anda akan senang dengan Lazarus adalah, kita dapat mengembangkan apllikasi android TANPA harus belajar sintaks Java atau yang lain, kita cukup menuliskan kode program seperti halnya kita mengambangkan aplikasi Windows, mengenai bagaimana membuat aplikasi android di Lazarus akan dibahas postingan berikutnya.

Selain kelebihan - kelebihan diatas, kita dapat mendownload secara gratis komponen - komponen pendukung untuk pengembangan aplikasi lainnya di http://packages.lazarus-ide.org/
   
Anda dapat mendownload langsung di situs resminya di www.lazarus-ide.org tersedia juga untuk versi Mac OS dan Linux.


No comments:

Post a Comment

New

Download Software : Simpson Rules Calculator v1.0

Hari ini shareilmusains.blogspot akan memperkanalkan dan akan membagikan secara gratis software atau tools untuk memudahkan dalam menghitung...